Hidup Islami

JATINEGARA - BTM Artha Surya, Pengajian Ahad Wage kali ini bertempat di Saudara Alippudin pada tanggal 10 Desember 2017, diawali dengan cuaca yang mendung namun semangat semua karyawan untuk bisa menghadiri pengajian ahad wage di akhir tahun 2017 sekaligus sebagai menyemangat akhir tahun untuk mencapai target. Dihadiri juga oleh Bpk. Yudhi selaku Ketua PCM Jatinegara. Tausyiah diisi oleh Ust. Sidiq, diawal tausyiah beliau langsung menyampaikan tentang 3 wasiat Rosul. Apa saja itu ? yang [pertama] bertaqwa kepada  Allah SWT. [kedua] menutup keburukan dengan kebaikan. [ketiga] bergaul atau bermasyarakat dengan orang-orang yang berakhlaq baik. 3 pesan ini terdapat 2 hubungan yaitu hubungan dengan Allah SWT. dan hubungan dengan manusia.
Sahabat rosul bertanya, apa itu taqwa ? kemudian beliu menggambarkan taqwa dengan kalimat “ketika kamu sekalian melewati jalan yang gelap, sedangkan dijalan tersebut terdapat duri-duri. Maka apa yang akan kalian lakukan ?” sahabat menjawab “kami akan berjalan dengan sangat hati-hati agar tidak terkena duri”. Itulah gambaran taqwa, orang yang bertaqwa akan dibekali dengan sifat ihsan, orang yang bertaqwa dalam hidupnya harus direalisasikan dengan perbuatan amal sholeh, berinfaq, bekerja dengan baik, amanah dan sifat baik lainnya.
Di dalam Al Qur’an banyak ayat-ayat Allah tentang taqwa dan kita bisa mengkajinya untuk memperoleh pengetahuan tentang ayat-ayat Allah. Dan balasan untuk orang yang bertaqwa adalah Allah berikan surgaNya.
Kemudian, manusia tidak akan pernah lepas dari khilaf. Ada 2 macam dosa, yaitu dosa kecil (assiah) dan dosa besar (addanbu). Dosa besar disini adalah dosa syirik, sedangkan dosa kecil adalah dosa-dosa yang kadang kita lakukan atau hal tersebut biasa namun jika dilakukan secara terus menerus maka akan menjadi gunung. Contoh dosa kecil seperti membully / meledek teman kita dan sering sekali karena saking terbiasanya.
Yang terakhir adalah janganlah kita nanti di hari kiamat catatan amalan kita dipegang/diberikan dengan tangan kiri karena banyaknya amalan keburukan kita, namun berbuat baiklah selama hidup di dunia agar amalan kita nanti diberikan dengan tangan kanan.

Ikutilah kajian-kajian islam dalam pengajian agar pribadi kita menjadi lebih baik (hidup secara islami). (az)

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard